Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Descriptive Text yang merupakan salah satu jenis teks yang diajarkan dan dipelajari di SMA. Baik pengertian, tujuan, generic structure bahkan ciri kebahasaannya. Disertai juga dengan contoh teks beserta soal pembahasannya.
Pengertian Descriptive Text
Apa sih sebenarnya descriptive text itu? menurut Kane (2000: 352), diartikan seperti pada kalimat di bawah ini :
Description is about
sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about
visual experience, but description also deals with other kinds of perception.
Selain pengertian diatas, juga ada pengertian descriptive yaitu: Descriptive
text is the text to describe about thing, person, animals, place and so on.
Jadi teks deskriptive text ditulis untuk mendeskripsikan benda, orang, hewan
dan lain-lainnya yang dapat di deskripsikan. Deskipsi tentang orang biasanya
menampilkan identitas orang tersebut serta ciri fisik, karakter, dab
aktivitasnya. Deskripsi hewan biasanya tentang ciri-ciri fisik, tempat tinggal,
kebiasaan dan kesukaannya. Sedangkan deskripsi tempat menerangkan letak/lokasi,
bagian , ciri khusus dan hal yang menarik dari tempat tersebut.
Tujuan
Descriptive Text
Descriptive
text bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan atau mendeskripsikan
ciri-ciri dari benda, orang, hewan , tempat dan lain-lainya. Desciptive text
dibuat tanpa melakukan penelitian secara detail jadi penulis hanya menulis
cerita descriptive text berdasarkan apa yang ia lihat dan ia dengar.
Generic
Structure
* Identification: Bagian ini – pada
paragraf pertama – tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin
dideskripsikan atau digambarkan. Penjelasan mudahnya, indentification berfungsi
untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan
sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya. Tujuannya agar jangan sampai
pembaca salah orang. Kita mau menggambarkan mobil misalnya, tapi pembaca
mengiranya motor.
Contoh: kamu diminta untuk menggambarkan mobil barumu, maka isi identification-nya adalah: Ayahku baru saja membelikan mobil baru. Mobil ini sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang ayahku membelikannya. (Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).
Contoh: kamu diminta untuk menggambarkan mobil barumu, maka isi identification-nya adalah: Ayahku baru saja membelikan mobil baru. Mobil ini sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang ayahku membelikannya. (Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).
* Description: Bagian ini – pada
paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada
sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.
Misal (melanjutkan tentang mobil di atas): Mobil baruku ini merupakan mobil sport keluaran terbaru dari Toyota. Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang, begitu juga dengan pintunya. Mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 500 km/jam, hampir sama dengan kecepatan pesawat berjenis Foker.
Misal (melanjutkan tentang mobil di atas): Mobil baruku ini merupakan mobil sport keluaran terbaru dari Toyota. Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang, begitu juga dengan pintunya. Mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 500 km/jam, hampir sama dengan kecepatan pesawat berjenis Foker.
Ciri
Kebahasaan
Ciri-ciri
ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak
salah. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis
menggunakan genre descriptive text:
1. Menggunakan Simple Present Tense. Kenapa menggunakan simple
present tense? hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau
kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Dan salah satu fungsi dari
simple present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh
fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata
kerja bentuk pertama (verb-1).
Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu: The color of my car is black, it can run up to 500 km/hour.
Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu: The color of my car is black, it can run up to 500 km/hour.
2. Karena
fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya,
maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata
sifat (adjective), seperti handsome, beautiful, tall, small, big,
atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati
tambahan -ve, -ing, -nt di belakangnya,
Contoh:
Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik)
Contoh:
Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik)
3. Dalam
descriptive text kita juga akan sering menjumpai relating verb (kata kerja
penghubung) yaitu is (seperti pada ciri nomor 1). Is dalam bahasa Indonesia
sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi descriptive text
adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menjumpai kata adalah
(is). His name is Andy (namanya adalah Andy), his height is 160 cm (tingginya
adalah 160 cm).
Contoh Descriptive Text
Petruk
Cave
Petruk
cave is one of the leading tourist attractions in Kebumen, Central Java. The
cave is located in the dukuh Mandayana Candirenggo Village, Ayah District,
Kebumen regency. In the petruk cave there is no lighting that illuminates the
cave. It is still very natural cave so that petruk cave is very dark to be
entered. Petruk cave’s name is taken from the punokawan of puppet characters
that is Petruk. The cave Named Petruk cave because the length of cave is as
long as Petruk’s nose.
In
the cave there are 3 floors that are the first is a basic cave, Hindu caves and
Petruk cave. The base cave is a short cave which is just 100 meters away. The
cave is used for tourist attractions. Hindu cave is part of the cave that is
usually used to put offerings to the ancestor. Inside Petruk cave there are so
many stalactites and stalagmites which are really awesome. If you want to
explore this cave, you must be led by guides who are ready to take you through
the cave. After arriving at the end of the cave, you can see the beach or
waterfall located near at the end of the cave.
1.
What is the text purpose?
a. To inform readers about tourism in Kebumen
b. To entertain reader about Petruk Cave
c. To explain the reader about floors in Petruk Cave
d. To Introduce The Local tourism in Kebumen
e. To describe Petruk Cave
a. To inform readers about tourism in Kebumen
b. To entertain reader about Petruk Cave
c. To explain the reader about floors in Petruk Cave
d. To Introduce The Local tourism in Kebumen
e. To describe Petruk Cave
2.
Why did Petruk cave named as one of character in Punokawan puppet?
a. Because the cave is belong to Petruk
b. Because Petruk is the first explorer of the cave
c. Because Petruk is buried at the cave
d. Because the cave’s length is as long as Petruk’s nose
e. Because the cave’s depth is as deep as Petruk’s hair
a. Because the cave is belong to Petruk
b. Because Petruk is the first explorer of the cave
c. Because Petruk is buried at the cave
d. Because the cave’s length is as long as Petruk’s nose
e. Because the cave’s depth is as deep as Petruk’s hair
3.
Which part of Petruk Cave which used for place to put foods for ancestor?
a. In the basic cave
b. In petruk cave
c. In Hindu cave
d. In front of the cave
e. Inside the cave
a. In the basic cave
b. In petruk cave
c. In Hindu cave
d. In front of the cave
e. Inside the cave
4.
What is stalactites means?
a. A type of formation that hangs from the ceiling of caves
b. Types of formation that lay on the floor of caves
c. Types of food given to ancestor
d. Someone who guide the visitor in the cave
e. Kind of animals in the cave
a. A type of formation that hangs from the ceiling of caves
b. Types of formation that lay on the floor of caves
c. Types of food given to ancestor
d. Someone who guide the visitor in the cave
e. Kind of animals in the cave
5.
What is “lead” means in paragraph 2?
a. Guide
b. Take
c. Bring
d. Put
e. Place
a. Guide
b. Take
c. Bring
d. Put
e. Place
No comments:
Post a Comment